Cara Membuat Database di MySQL

Ada bermacam-macam cara untuk membuat database di MySQL (dikenal juga dengan nama schema), yaitu dengan menggunakan command line maupun menggunakan software yang dibuat oleh vendor lain.
Menggunakan Command Line
Bila kita memutuskan untuk menggunakan command line, berarti kita mesti hafal syntax untuk membuat database. Syntax-nya cukup sederhana: CREATE DATABASE nama_database. Tentunya kita mesti punya account mysql yang mempunyai hak membuat database.
contoh:
mysql> CREATE DATABASE dagunetdb;
Jangan lupa tanda titik koma, setelah itu tekan enter. Selesai.
Menggunakan PHPMyAdmin
PHPMyAdmin adalah web-based application yang digunakan untuk mengelola database. PHPMyAdmin ditulis dalam bahasa PHP. Bisa di-download di sini. Gratis kok. Untuk membuat database, cukup login ke PHPMyAdmin (diperlukan user mysql yang mempunyai hak membuat database). Di halaman depan terdapat kotak isian untuk mengisi nama database. Bila sudah, klik tombol Create. Selesai.
Membuat database dengan PHPMyAdmin

Membuat database dengan PHPMyAdmin
Menggunakan MySQL Query Browser
Bila PHPMyAdmin berbasis web. Maka MySQL Query Browser berbasis desktop. Software ini buatan mysql.com. Dan asiknya, bisa di-download gratis. Download MySQL Query Browser di sini. Cara membuat database cukup dengan menekan Ctrl + N. Isikan nama database di kotak isian pada pop-up window yang muncul. Klik OK. Selesai.
Membuat database dengan MySQL Query Browser

Membuat database dengan MySQL Query Browser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *