Apa Sebab Jari Tangan Lebih Peka ?

Pada saat memasuki rumah yang gelap gulita, sering kali kita dengan sendirinya mengulurkan tangan dan berjalan maju sambil meraba-raba.

pada saat seorang ibu memandikan anaknya, selalu ia mencelupkan tangan ke dalam air dahulu untuk merasakan apakah air itu tidak terlampau dingin atau terlampau panas.

mengapa tangan orang mampu menjalankan tugas seperti itu ?
kulit orang memang serba bisa. melalui reseptor ujung syarafnya, kulit dapat menghantar segala rasa, dingin, panas, sakit, dan lain sebagainya kepada otak besar. lalu otak besar mengeluarkan perintah untuk bergerak.

menurut statistik, tiap sentimeter persegi kulit kira-kira ada 12-13 buah reseptor ujung syaraf yang khusus mengurus dingin, 1-2 buah yang mengurus panas, 100-200 buah yang mengurus sakit, 25 buah yang mengurus perabaan. reseptor ujung syaraf tidak tersebar secara merata. yang teristimewa banyak jumlahnya ialah pada jari tangan, telapak kaki, ujung bibir, mulut, dan lainnya. karena itulah maka semua anggota badan tersebut juga sangat sensitif.

bagaimana halnya jika jari tangan tidak sensitif seperti itu ?

sebagai contoh, karena saraf indera kulit penderita kusta, sakit, maka terjadilah hambatan dalam taraf tak menentu pada empat macam penginderanya sakit, raba, dingin dan panas. oleh karena itu tangan mereka jika ditaruh di atas es tidak akan merasakan dingin, ditempelkan pada kantong karet berisikan air panas tidak merasakan panas dan ditusuk dengan jari pun tidak terasa sakit.

dari sini terlihatlah betapa pentingnya tangan kita, dan harus selalu dijaga dengan baik