Troubleshooting Komputer

Dalam memperbaiki permasalah dalam komputer di dalam dunia teknisi terdapat dua teknik yang biasa di gunakan. Yakni teknik Forward dan teknik Backward.
Apa itu teknik forward dan apa itu teknik backward ? hacker shinobi akan mengupas tuntas penjelasan tentang hal ini.

Teknik Forward
Sesuai dengan namanya, maka dalam teknik ini segala macam permasalahn dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan.
Contoh:
  • ·         Setelah komputer selesai dirakit, maka dilakukan pemeriksaan pada semua hardware yang telah terpasang, misalnya memeriksa hubungan dari kabel power supply ke soket power pada motherboard.
  • ·         Untuk casing ATX, kita periksa apakah kabel power switch sudah terpasang dengan benar.

Teknik backward
Hampir sama dengan teknik sebelumnya, teknik backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan komputer setelah komputer dinyalakan. Teknik ini lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini merupakan hal yang wajar. 
Dapat kita ambil beberapa contoh sebagai berikut :
  • ·         CD ROOM yang tidak dapat membaca CD dengan baik
  • ·         Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan.