Penting Menggunakan Web Counter Google Analytics pada Website dan Blog

Bila Anda seorang Publiser, baik Anda pemilik Website atau Blog, Anda perlu menggunakan Web Counter untuk menganalisa pengguna internet yang berkunjung ke Website atau Blog Anda. Hal ini penting salah satunya untuk menganalisa keefektifan promosi yang telah Anda lakukan dalam mempromosikan Website dan Blog Anda. Karena berkaitan dengan promosi tentunya Anda sudah mengeluarkan uang, waktu dan kerja Anda dalam mempromosikan Website dan Blog, jangan sampai semuanya itu berjalan tidak efektif dan terbuang percuma.

Menggunakan Web Counter sangat penting, karena bila tidak, Anda tidak akan tahu berapa banyak orang yang telah membuka Website atau Blog Anda, berapa banyak kunjungan perhari ke Website atau Blog Anda, apakah yang berkunjung adalah pengunjung baru (new visitor) atau pengunjung yang berkunjung kembali (returning visitor), bagaimana caranya sampai mereka membuka Website atau Blog Anda, apakah mereka membuka Website atau Blog Anda melalui “search engine” seperti Google atau melalui link pada email yang Anda kirimkan. Jadi dengan penggunaan Web Counter, Anda bisa menganalisa dan mempelajari semua itu, agar Anda bisa lebih efektif untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke Website atau Blog Anda. Salah satu Web Counter yang lengkap fasilitasnya dan gratis dalam menggunakannya adalah Google Analytics.
Download Tulisan Lengkap: Google Analytics

Membangun Portal E-Learning

Jika Anda memiliki segudang ilmu dan Anda bingung untuk mempublikasikannya, maka langkah yang tepat menurut saya adalah membangun sebuah portal E-Learning. Tidak harus sebuah institusi yang bisa membangun website E-Learning, namun juga bisa beberapa orang atau bahkan tidak menutup kemungkinan dikerjakan oleh satu orang saja. Untuk memulainya silahkan buat yang kecil-kecilan, mulai dari ilmu yang Anda miliki sendiri dan bisa Anda kembangkan dengan ilmu yang dimiliki teman Anda. Semuanya akan kita bahas dalam suatu konsep sebelum pengerjaan.
Konsep awal dari pembuatan E-learning ada yang bersifat money oriented, trial version, atau bahkan free. Jika Anda masih tergolong pemula, penulis sarankan untuk membuat portal e-learning yang berbasis free, itung-itung sebagai media promosi untuk menarik banyak pelanggan. Jika website Anda dikunjungi banyak orang dan banyak yang menggunakan atau mendwonload tutorial Anda, bisa anda kembangkan ke trial version dimana Anda cuman memberikan beberapa materi saja yang free sedangkan materi yang lain harus membayar. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda membuat yang money oriented bila pengunjung website Anda sangat banyak.
Konsep kedua yang perlu Anda rencanakan adalah bidang apa yang merupakan target sasaran Anda? Karena ini akan berpengaruh terhadap jenis file yang akan Anda letakkan di website Anda. Sebagai contoh jika Anda bergerak di bidang hukum, politik, motivasi, maka di website Anda akan lebih banyak file teks. Sebaliknya jika website Anda bergerak di bidang komputer, multimedia, grafis, maka pada website Anda akan lebih menekankan pada penggunaan file teks dan gambar juga video tutorial.
Konsep terakhir dalam pembuatan portal E-learning adalah tempat publikasi dan penyimpanan file. Apakah Anda akan menggunakan website yang berbayar, gratis, atau kedua-duanya. Pada masing-masing web server memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Dari situ juga Anda dapat menentukan software apa yang nantinya akan Anda gunakan dalam portal E-learning Anda.

Download Tulisan Lengkap: andi-elearning.zip

Belajar Upload Website Ke Server Hostinger.com

hey sahabat syntax error kali ini saya akan memposting mengenai Belajar Upload Website Ke Server Hostinger.com. tentunya bagi kalian yang sudah bosen belajar membuat website dengan CMS joomla dan sebagainya yang menggunakan local host.

untuk menyegarkan kembali server itu ada dua, yang satu local host dan yang satu lagi server host. local host adalah media penyimpanan komponen website anda yang hanya bisa dinikmati oleh anda sendiri di komputer  anda sendiri. jadi misalkan anda instal cms joomla anda di laptop personal anda. jadi ya yang bisa membuka dan mengedit secara control panel hanya anda sendiri.

nah yang kedua ada server host. server host disini anda menyewa webhosting entah itu berbayar (ipage, justhost.com,  Hub ) dan ada juga yang gratis kalau yang gratis saya rekomendasikan anda menggunakan hostinger. kenapa memakai hostinger ? karena idhostinger menyediakan space 2 GB, file yang iupload juga bebas, karena ada juga free-host yang membatasi ekstensi file-file yang tidak bolah di-upload.. Database juga unlimited, andapun bebas membuat subdomain lagi.

Karena free, tentu ada keterbatasannya, yaitu kalau dalam tempo 30 hari tidak ada aktivitas, apalagi tidak ada file index, maka website anda akan di non-aktifkan (diberitahukan lewat email anda) , namun enaknya lagi melalui email anda juga, web-site dapat anda  re-aktifasi kembali.
Anda dapat upload file melalui cpanel dari host tersebut, namun saya biasanya lebih seneng menggunakan FTP – Filezilla, kecuali utnuk membuat database, kita harus menggunakan cpanel defaultnya.
Baik cara Register, maupun Login ke Free-host tersebut tak perlu kita buatkan artikel, karena prosedurnya hampir sama apabila kita melakukan register di internet. Sedangkan untuk menjalankan Filezilla juga tidak rumit, cukup anda masukkan  dalam “Mesin” ini nama alamat website anda, misalnya www.swaramedina.16mb.com, kemudian “Nama Pengguna” ini adalah username yang diberikan oleh administrator web-host, dan “Kata kunci” adalah Password-nya untuk “Port” dikosongi saja, lalu klik “Kunci cepat” kalau memang isian sudah benar, anda akan memasuki folder-folder website anda. Apapun hosting yang anda pilih, jangan sekali-kali merubah isi folder, selain didalam “public_html” atau “www”

download aplikasi upload : filezilla

Membuat CD Interaktif Dengan Flash

CD interaktif merupakan salah satu hasil dari implementasi dari MULTIMEDIA dimana terdapat hampir semua konten multimedia yaitu, Gambar,Video,Animasi,Text, dan interaktif. Tapi tentunya harus tepat dalam pengolahan/editing, serta pemberian navigasi untuk menjalankan CD tersebut. Dengan adanya navigasi, maka orang yang yang menjalankan CD tersebut dapat menelusur ke bagian-bagian yang diinginkan, sehingga materi lebih jelas dan mendalam. Sehingga terjadi interaksi antara orang yang menjalankan CD dengan program dan materi yang ada pada CD tersebut.
Beberapa kegunaannya antara lain: company profile, gambaran sebuah proyek, CD materi pembelajaran, dan sebagainya.

Buat yang kepengen download dipersilahkan monggo gratis.  klik disini