Banyak Situs Download Lagu Gratis Legal, Kanapa Orang Pilih Bajakan?

Kalau bicara soal situs download lagu gratis legal, mungkin tak banyak yang tahu. Yang banyak orang tahu, ketika ingin download lagu di internet. Mereka akan memasukkan kata kunci di menu search pada bworser dengan kata “download lagu dewa, download lagu noah, download lagu avril dan lain-lain. Lalu muncullah di di page pertama google atau yahoo, berbagai situs yang menyediakan download lagu. Pertanyaanya, legalkah lagu yang kamu download tadi? Tidak ada jaminan 100 persen yang dapat memastikan bahwa download lagu yang kamu lakukan adalah legal. Tapi sebaliknya, ada jaminan 100 persen bahwa orang yang mengupload lagu tersebut disitusnya mendapatkan lagu tanpa meminta ijin yang punya lisensi.

Jadi kalau bicara soal pembajakan, kamu yang download lagu di situs yang tak bisa menjamin bahwa lagu yang ia upload untuk kamu unduh adalah berijin, kamu mungkin adalah aktor terbaiknya. Nah kali ini, demi mengurangi sedikit pembajakan yang terjadi di tanah air. Ada beberapa situs download lagu gratis legal yang bisa kamu pilih. Sekaligus di bagian akhir artikel bakal terungkap mengapa situs yang legal tak begitu populer dibanding yang tidak legal.

Daftar Situs Download lagu legal

  1. BeSonic

Ada beragam genre lagu yang tersedia di situs ini. Kamu bisa download semuanya secara legal dan gratis. Ada genre Pop dan Elektro, Ada Rock dan alternatif, Soul, Hip Hop, Urban, Jazz, Blues dan campuran.

  1. Free Music Archive

Kalau kamu tahu yang legal, mungkin Free Music Archivelah yang kamu ketahui. Benar situs ini telah ada sejak tahunan yang lalu. Sehingga sampai saat ini telah ada ribuan musik dengan ebrbagai genre tersedia.

  1. Jamendo

Meski awalnya situs ini adalah situs yang diproyeksikan untuk situs yang mirip seperti Soundcloud, tetapi perkembanganya situs ini seperti punya arah lain. Kini situs ini lebih menekankan sebagai situs yang menajdi pengubung para artis ke fans. Setidaknya sampai saat ini ada 400 ribu track lagu dari 40 ribu artis yang bisa kamu donwload.

  1. NoiseTrade

Sama seperti situs download lagu yang tersebutkan di atas, situs ini juga menyediakan lagu-lagu yang bisa kamu download secara gratis. Hanya saja, ide yang ditawarkan lebih menarik. Situs ini mencoba menghubungkan para artis dengan fansnya. Dimana ketika kamu mendownload lagu, kamu harus login dengan email. Tujuanya untuk mempermudah mereka jika hendak menghubungi kamu.

  1. Musopen

Bedanya dengan situs-situs tersebut di atas dengan Musopen adalah soal lagu yang disediakan. Musopen lebih konsen pada jenis-jenis lagu antimainstream. Termasuk juga menyediakan lagu-lagu klassic dengan berbagai komposer ternama dan sama seperti yang lain. Semuanya bisa kamu download secara gratis.

Itu hanyalah 5 situs download lagu yang legal yang bisa kamu kunjungi. Masih ada banyak yang lain, bahkan kamu bisa mendengarkan lagu secara legal seperti melalui aplikasi spotify, tapi kemapa orang masih suka download lagu di situs bajakan? Jawabanya sederhana, situs bajakan lebih mudah dikenali. Ketika orang mencari di Google yang pertama muncul adalah situs bajakan. Maka yang ia buka adalah situs bajakan. Selebihnya, situs yang lebal juga tak banyak yang tahu. Lebih-lebih situs yang bajakan lebih banyak menyediakan berbagai jenis musik. Tidak semua lagu ada di situs legal, tapi hampir ada semua lagu di situs bajakan.