Fungsi Seng Galvalum Untuk Rumah Anda


Saat mempunyai rencana membangun atau membuat rumah, apartemen, kontrakan, atau hunian lainnya tentunya kita harus memikirkan bahan atap untuk menutupi rumah. Ketika memilih atap tentu saja Anda merasa kebingungan memilih jenis atap berdasarkan kualitasnya, kekurangan atau kelebihannya. Bahan seng untuk penutup rumah memang harganya termasuk sangat murah. Namun, tentu saja Anda harus mempertimbangkan bahan dari seng itu sendiri yang pastinya akan memicu udara yang panas di bagian bawahnya, baik di ruangan ataupun kamar. Terlebih di Indonesia termasuk negara beriklim ekstrim karena hanya ada dua musim, yaitu musim kemarau (panas) dan penghujan (dingin).

Hal itu tentu hanya dapat dirasakan dulu karena saat ini bahan atap seng sudah dikombinasikan dengan bahan tertentu sehingga bisa meredam panas dan suara bising. Benar, saat ini telah hadir jenis seng bernama seng galvalum terbuat dari campuran bahan baja, alumunium, dan seng khusus. Bila dibandingkan dengan seng biasa memang seng galvalum mempunyai beberapa kelebihan. Seng jenis ini dapat menyerap panas lebih sempurna sehingga ketika malam hari suhu ruangan di dalam rumah tetap hangat terasa dan bobotnya pun begitu ringan hingga gampang ketika ingin dipindahkan ke tempat lain. Selain itu kelebihan seng galvalum lainnya adalah antikarat, kuat dan tahan lama.

Akan tetapi perlu dimaklumi jika harga seng galvalum lebih mahal dari seng biasa sebab proses pembuatannya memang lebih rumit dan kegunaannya pun lebih baik. Atap seng galvalum atau yang dikenal juga dengan sebutan atap baja ringan terbilang mudah dalam pemasangannya. Bahan bangunan ini juga relatif kuat meskipun saat pemasangannya diinjak-injak. Di pasaran atap seng galvalum telah tersedia dalam beberapa macam pilihan, baik model dan warnanya, tentu saja hal ini dapat menambah nilai estetis pada sebuah rumah atau bangunan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap bahan konstruksi bangunan yang digunakan untuk membuat/membangun rumah atau gedung tentu saja memiliki beberapa macam keunggulan dan kekurangan menurut bentuk, model, kekuatannya dan sebagainya. Demikian pula dengan seng galvalum ini. Selaku material konstruksi baja yang ringan, tentu saja bahan bangunan ini sudah melewati serangkaian eksperimen melalui riset yang sudah dilakukan para pakar sampai beberapa tahun lamanya dan telah lulus uji daya tahan serta  keselamatan manusia supaya aman ketika digunakan.

Seng mempunyai fungsi yang penting sekali bagi sebuah gedung atau rumah sebab dapat berguna sebagai pengganti genteng. Seng galvalum merupakan model seng bergelombang besar yang diproduksi telah melewati proses galvanisasi sehingga tahan korosi. Hal ini yang membuat banyak orang memili seng galvalum daripada seng biasa yang daya tahannya nyata jauh di bawah seng jenis galvalum ini. Untuk masalah harganya, harga seng galvalum sangat bervariasi, tergantung pada ukuran (panjang dan lebarnya) dan ketebalannya. Seng galvalum sangat cocok bila dipasangkan pada kanopi bermotif minimalis.