Kue Tradisional Saat Hari Idul Fitri Tiba di Kampung Halaman

Ketika hari idul fitri tiba maka biasanya di setiap rumah akan tersaji berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah makanan khas lebaran yaitu ketupat dan opor ayam. Selain itu juga tentunya di setiap rumah itu akan ada kacang goreng, kue kue kering, bolu, atau makanan khas lebaran yang lainnya. Begitu juga ketika saya mudik ke kampung halaman saya di kota Garut, maka biasanya di setiap rumah itu akan ada makanan tradisional yang selalu ada ketika hari raya idul fitri tiba.

3 makanan tradisional yang selalu ada di setiap rumah di kampung halaman saya di kota Garut ketika hari raya idul fitri tiba diantaranya yaitu :

  1. Rengginang

Rengginang merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat atau sunda. Ketika lebaran tiba maka makanan rengginang ini akan saya temui di setiap rumah yang saya kunjungi untuk bersilaturahmi. Makanan ini memang merupakan salah satu makanan yang selalu ada ketika hari lebaran tiba.

  1. Manisan Kolang Kaling

Kolang kaling ini ketika masih bulan puasa banyak digunakan oleh orang orang untuk campuran makanan kolak. Dan ketika hari raya idul fitri tiba maka biasanya di kampung saya, kolang kaling ini akan dibuat menjadi manisan. Manisan kolang kaling dengan beraneka warna akan menjadi suguhan yang cukup menarik ini di hari lebaran.

  1. Kue Akar Kelapa

Mungkin kue akar kelapa ini terdengar asing untuk seseorang yang belum pernah melihat dan mencicipinya. Saya juga tidak tahu apakah makanan ini ada di tempat yang lainnya. Yang pasti makanan kue akar kelapa ini merupakan salah satu makanan tradisional yang selalu ada di setiap rumah di kampung halaman saya. Aneka resep kue ini memang sangatlah mudah dalam membuatnya. Bahan utamanya adalah kelapa, terigu, gula dan telur. Cara membuatnya pun tidak ribet. Setelah bahan bahan di satukan, cukup di goreng saja setelah di cetak.

  1. Kue Sagu

Salah satu makanan yang juga sering ditemukan di rumah rumah saat lebaran tiba adalah kue sagu. Makanan ini memang popular di kampong halaman saya. Pasalnya rasa yang manis, dan juga enak menjadikan makanan ini selalu hadir di rumah-rumah.

  1. Dodol

Salah satu makanan yang kental akan khas garut ini, tentu menjadi salah satu sajian makanan ketika lebaran tiba.

Itulah 3 makanan tradisional yang selalu ada di setiap rumah di kampung halaman saya di kota Garut ketika hari raya idul fitri tiba. Sebetulnya, masih banyak lagi makanan yang biasa disajikan saat lebaran tiba. Kendati demikian, makanan diatas adalah yang sering ditemui ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *