Faktor Penyebab Berat Badan Kian Bertambah

Mulai merasa office chair yang Anda duduki terlalu sempit? Apakah ini karena berat badan yang kian bertambah?

Selama ini, kita mengetahui bahwa berat badan yang bertambah dikarenakan makanan atau kalori yang dibakar saat beraktivitas lebih sedikit dibanding makanan yang dikonsumsi. Nah, ternyata berat badan bertambah tidak selalu dari apa yang kita makan saja. Ada beberapa faktor penyebab lain yang membuat berat badan kian bertambah. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Stres

Stres dapat memicu tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon inilah yang menyebabkan nafsu makan Anda meningkat dan mudah menyantap makanan apapun untuk melepaskan diri dari stres. Jadi jika ada pekerjaan dengan deadline yang membuat Anda stres, cobalah tenangkan pikiran terlebih dahulu.

Kurang istirahat

Kurang istirahat yang cukup dapat memengaruhi bertambahnya berat badan. Mengapa? Karena saat kurang tidur, ada peningkatan hormon dalam tubuh yang menyebabkan rasa lapar meningkat. Selain itu, kebiasaan begadang pun juga memiliki peluang besar untuk Anda ngemil di malam hari. Efeknya adalah kalori yang menumpuk dakam tubuh.

Diet yang salah

Perlu diperhatikan mengenai pola makan atau diet yang bertujuan menurunkan berat badan yang marak akhir-akhir ini. Karena jika salah pilih diet, bukannya tubuh ideal yang didapat, justru berat badan bertambah lagi. Lakukan diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Mengidap suatu penyakit

Ada beberapa penyakit yang memengaruhi pertambahan berat badan, seperti hipotiroid, sindrom cushing, dan sindrom ovarium polikistik. Hipotiroid terjadi ketika tubuh tidak memproduksi hormon tiroid dengan cukup. Maka yang terjadi adalah bertambahnya berat badan. Lain halnya dengan hipertiroid, yaitu tubuh memproduksi hormone tiroid dengan berlebihan. Efeknya, tubuh akan menjadi sangat kurus dan terlihat lemah.

Mengonsumsi obat tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu pertambahan berat badan, seperti steroid, antidepresan, dan obat-obatan khusus penyakit lainnya. Hal ini disebabkan oleh efek samping obat tersebut. Seperti steroid yang berefek samping yaitu meningkatnya nafsu makan.

Jadi, kira-kira apa penyebab bertambahnya berat badan Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *