Jangan Sampai Lengah, Ini Ciri Aplikasi Peminjaman Online yang Kredibel

Saat-saat butuh dana pinjaman dalam waktu cepat, memang seringkali bikin orang jadi lengah dan asal pilih lembaga pinjaman tanpa riset lebih dulu. Padahal, ini bisa berisiko menimbulkan masalah di kemudian hari. Apalagi kalau pinjamnya ke fintech atau aplikasi peminjaman online. Kalau salah pilih, bisa-bisa malah jadi terjebak di fintech yang nggak kredibel dengan suku bunga super tinggi.

Lalu, apa saja yang sebenarnya bisa jadi ciri bahwa sebuah aplikasi peminjaman online termasuk kredibel dan layak digunakan? Nah, kamu bisa mengeceknya melalui lima poin berikut ini.

Aplikasi Resminya Bisa Didownload di Google Play Store atau App Store

Google Play Store atau App Store adalah dua media khusus tempat download berbagai aplikasi yang dibutuhkan pengguna smartphone berbasis Android dan iOS. Apa pun jenis aplikasinya, termasuk aplikasi peminjaman online, harus didaftarkan oleh perusahaan terkait dan tersedia di Google Play Store atau App Store untuk didownload. Apabila sebuah aplikasi peminjaman online tidak tersedia di Google Play Store atau App Store, dan hanya bisa didownload lewat link khusus di luar dua media tersebut, maka sebaiknya, jangan gunakan aplikasi tersebut untuk mengajukan pinjaman. Selain keamanannya nggak terjamin, kredibilitas perusahaan peminjaman uangnya juga diragukan.

Memberikan Simulasi Cicilan Pinjaman Secara Transparan

Simulasi cicilan pinjaman harus diberikan oleh setiap fintech atau aplikasi peminjaman uang berbasis online di awal, sebelum calon nasabah menyetujui kontrak pinjaman. Apabila di aplikasi atau situs fintech kamu tidak menemukan fitur simulasi cicilan, rincian suku bunga, informasi biaya provisi, dan biaya-biaya lain yang menyertai pinjaman, sebaiknya jangan pilih fintech tersebut untuk pinjam dana. Sebab, dikhawatirkan di kemudian hari akan terjadi perubahan suku bunga tanpa pemberitahuan dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

Memiliki Kebijakan Privasi dan Jaminan Perlindungan Data Nasabah

Karena berbasis online, aplikasi peminjaman uang wajib memiliki kebijakan privasi yang jelas serta memiliki jaminan perlindungan data nasabahnya. Sebab, data-data yang kamu unggah saat mengajukan pinjaman ke aplikasi atau fintech adalah data yang sangat rahasia dan sensitif. Kalau sebuah fintech tidak memiliki kebijakan privasi dan jaminan keamanan data nasabah, maka bukan nggak mungkin nantinya data-data pribadimu akan disewakan atau bahkan dijual ke pihak ketiga. Baik untuk keperluan penagihan, marketing (tawaran pinjaman, dsb), dan yang lainnya.

Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Sebagai lembaga keuangan, sebuah fintech yang kredibel harus sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan. Mengapa? Sebab OJK adalah institusi resmi negara yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. OJK juga akan melindungi kepentingan konsumen yang menjadi nasabah dari lembaga keuangan seperti fintech. Dengan kata lain, jika terjadi sesuatu di kemudian hari yang merugikan dari fintech yang kamu gunakan, ada payung hukum yang jelas yang bisa kamu jadikan sandaran.

Tidak Memiliki Syarat Transfer Sejumlah Uang Sebagai Syarat Pencairan Pinjaman

Mau pinjam dana malah disuruh transfer sejumlah dana dulu supaya pinjamannya cair? Kalau mengalami kondisi ini saat ajukan pinjaman ke fintech, bisa dipastikan fintech tersebut termasuk yang abal-abal dan nggak kredibel. Alur kerja fintech yang kredibel dan bisa diandalkan umumnya adalah daftar, unggah dokumen-dokumen pribadi, submit, dan tunggu proses approval (bisa disetujui dan bisa juga ditolak tergantung profil nasabah). Bukan mentransfer sejumlah dana sebagai “pelicin” pinjaman. Apalagi kalau transfernya ke rekening atas nama pribadi, bukan perusahaan.

Kredivo: Aplikasi Peminjaman Online yang Kredibel dengan Limit Kredit Maksimal Sampai Rp 30 Juta

Kredivo adalah contoh fintech yang sudah memenuhi kelima poin di atas sebagai fintech yang kredibel dan aman untuk digunakan. Berbeda dengan fintech lainnya yang hanya bisa memberikan limit Rp 1 juta hingga Rp 3 juta dan dengan suku bunga 1% per hari, limit kredit yang bisa diberikan Kredivo maksimal adalah Rp 30 juta dengan suku bunga hanya 2,95% per bulannya.

Selain bisa untuk pinjam uang, limit kredit dari Kredivo juga bisa digunakan untuk belanja cicilan barang apa pun di merchant online yang sudah bermitra dengan Kredivo. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya dengan belanja minimal Rp 1 juta, kita sudah bisa cicilan pakai Kredivo dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, suku bunga 2,95% per bulan, tanpa ada uang muka atau dp yang perlu dibayarkan.

Tapi, fasilitas pinjam uang, baik pinjaman mini ataupun pinjaman jumbo dari Kredivo hanya berlaku bagi nasabah yang sudah terdaftar sebagai pengguna cicilan atau akun premium. Jadi, kalau kamu daftar akun Kredivo, pastikan kamu mendaftar sebagai pengguna cicilan atau akun premium. Kalau kamu adalah WNI berusia minimal 18 tahun ke atas, punya penghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, maka kamu sudah memenuhi syarat untuk bisa daftar akun Kredivo.

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar. Kalau mau yang proses approvalnya lebih cepat, kamu bisa pilih daftar untuk akun Premium Express. Nggak perlu pakai slip gaji, cukup hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilanmu dan juga 1 akun merchant online yang sudah ada riwayat transaksinya sebagai bukti alamat atau tempat tinggalmu.

Apabila pendaftaranmu sudah disetujui dan sudah dapat limit kredit, maka kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut untuk belanja cicilan ataupun diubah menjadi pinjaman tunai lewat fitur resmi yang tersedia di aplikasi Kredivo. Selain itu, di aplikasi Kredivo, kamu bisa beli pulsa, paket data, token PLN, bayar tagihan BPJS, PDAM, sampai beli tiket pesawat dengan rute ke mana saja, dengan menggunakan limit yang tersedia di akun Kredivo-mu.