3 Tips Jitu Dalam Membeli Mobil Baru

Diskon atau potongan harga pembelian mobil murah semisal harga nissan serena memang menggiurkan, lagipula jika memang kita tertarik melakukan pembelian mobil idaman. Maklum, harga mobil dapat dibilang terus naik tiap tahunnya, jadi diskon jutaan rupiah pasti menjadi pemanis yang kadang sulit diabaikan.

Bahkan terdapat sales atau dealer mobil baru yang berani menawarkan potongan harga dan duit muka sampai Rp 10 juta. Misalnya saja duit muka minimalnya Rp 10 juta, dengan potongan tersebut, Anda lumayan membayar Rp 10 juta dan menyepakati skema kredit maka mobil idaman pun dapat langsung diangkut pulang.

Mendapatkan diskon yang termasuk besar sampai puluhan juta rupiah, duit muka murah atau angsuran ringan, mungkin menciptakan Anda tergoda hendak segera mengeksekusi pembelian.

Tapi, terdapat baiknya tidak boleh terburu-buru, bakal lebih tepat bila sebelum memutuskan melakukan pembelian mobil, kita menimbang untung ruginya lebih dahulu supaya tidak menyesal.

Berikut tips supaya tidak menyesal ketika beli mobil baru.

  • Kemampuan keuangan

Beli mobil tentunya mesti diimbangi dengan keterampilan keuangan. Jika memang punya dana yang cukup, daripada melakukan pembelian secara kredit lebih baik tunai. Dengan begitu, kita terhindar dari tanggung jawab cicilan. Namun andai terpaksa mesti kredit, terdapat baiknya menyimak besarnya angsuran tiap bulannya. Besar angsuran ini pun tentu akan diperbanyak dengan bunga.

Jangan hingga besar pasak daripada tiang, atau tidak boleh sampai penghasilan tiap bulan tidak seimbang dengan ongkos cicilan mobil. Nanti yang terdapat di tengah jalan Anda tidak bisa melanjutkan cicilan, mobil juga lenyap sebab ditarik leasing. Idealnya, total beban angsuran per bulan maksimal sebesar 30 sampai 35 persen dari pendapatan bulanan.

  • Pikirkan jenis mobil

Sebelum menerbitkan uang untuk menunaikan uang muka, usahakan kita memikirkan dengan cermat mobil jenis apa yang cocok dengan kebutuhan. Jika guna di dalam kota, Anda dapat memilih city car yang mungil. Sedangkan untuk yang telah berkeluarga dan gemar road trip bisa memilih mobil berjenis MPV atau SUV. Pilih pun CC mobil yang tidak besar bila keperluan Anda sebetulnya lebih ke fungsi. Mobil dengan CC besar ingin boros bahan bakar. Tentu kita tidak inginkan menyesal karena salah memilih dan melakukan pembelian mobil yang sebetulnya tidak cocok dengan kebutuhan. Misal, Anda telah berkeluarga tapi justeru beli mobil double cabin supaya dapat membawa barang lebih banyak.

  • Beli di masa-masa tepat

Salah satu masa-masa yang tepat sekali untuk melakukan pembelian mobil ialah pada akhir tahun. Biasanya dealer mesti menguras sisa produk yang belum terjual sebab di tahun berikutnya bakal mendapat ketersediaan mobil rakitan terbaru. Bagi mengakalinya, dealer juga menawarkan mobil dengan harga murah, potongan duit muka, potongan harga, sampai cash back.

Di samping itu, Anda pun dapat datang ke pameran otomotif. Nah, moment ini dapat Anda manfaatkan guna mendapatkan mobil baru dengan harga miring. Bahkan, tidak jarang masing-masing pabrikan pun akan mengenalkan produk baru mereka dan akan menyerahkan harga khusus untuk beberapa pembeli yang beruntung.

Keuntungan lainnya datang ke pameran otomotif ialah Anda bisa langsung mengerjakan test drive. kita jadi tahu bagaimana rasanya mobil yang hendak dibeli.

membeli mobil baru

Ingat, penyesalan tidak jarang kali datang di akhir. Jangan sampai karena tak dapat bayar cicilan, jenis mobil yang tidak sesuai, dan tidak tahu skema kredit kita jadi menyesal melakukan pembelian mobil baru.