Jenis-Jenis Luka Bakar

Hasil gambar untuk jenis jenis luka bakar

Luka bakar di bagi menjadi 4 jenis berdasarkan tingkat keparahannya. Pembagian ini dapat membantu penanganan yang tepat. Penanganan luka bakar dapat dilihat di link berikut https://www.guasehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar. Berikut klasifikasi luka bakar berdasarkan tingkatan dan klasifikasi berdasarkan penyebab luka bakar.

Luka Bakar di Klasifikasikan Menjadi 3 Jenis :

1.Luka Bakar Tingkat Pertama

Luka bakar ini jenis yang paling ringan. Luka hanya terjadi dilapisan kulit ari atau lapisan kulit terluar. Ditandai dengan kulit menjadi kemerahan karena mengenai ujung saraf pada kulit.

2.Tingkat Kedua

Luka bakar jenis sedang, melukai bagian kulit ari dan lapisan bawahnya yang disebut kulit jangat. Contoh luka bakar jenis sedang, seperti terkena knalpot panas dan tidak sengaja tersiram air mendidih.

3.Tingkat Ketiga

Luka bakar jenis yang paling berat. Kerusakan meliputi kulit, lemak subkatis yang berada dibawah kulit dan diatas otot. Dalam beberapa kasus luka tingkat tiga dapat mengenai otot dan bahkan tulang. Luka bakar jenis ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan permanent.

Seorang ahli bedah plastik mengklasifikasikan jenis luka bakar berdasarkan penyebabnya. 

Berikut Klasifikasi Luka Bakar Berdasarkan Penyebabnya :

1.Luka Bakar Api

Luka bakar jenis ini terjadi saat terjadi kontak api dengan bagian tubuh. Juga kontak dengan benda-benda panas seperti penggorengan dan setrika. Untuk tingkat keparahan tergantung pada lama kontak dan luas kontak yang menyebabkan luka bakar.

2.Luka Bakar Air Panas

Terjadi karena kontak bagian tubuh dengan air panas, minyak panas dan cairan panas lainnya. Keparahan juga tergantung lama kontak , kekentalan cairan dan suhu cairan.

3.Luka Bakar Kimia

Luka jenis ini terjadi saat kontak bagian tubuh dengan bahan kimia yang bersifat keras. Misalnya asam dan basa kuat seperti asam sulfat. Luka ini menyebabkan sensasi panas dan terbakar dikulit yang terluka, dan kerusakan jaringan secara instan.

4.Luka Bakar Listrik

Luka jenis ini terjadi jika kontak dengan aliran listrik tegangan tinggi dan petir. Luka bakar listrik menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh layaknya luka bakar.

5.Luka Bakar Radiasi

Paparan sinar atau gelombang panas, misal yang paling umum sinar matahari. Juga dari alat yang memiliki radiasi misal alat terapi kanker.

Luka bakar meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Saat proses penyembuhan anda bisa mengoleskan madu. Madu dipercaya bisa mengurangi bekas luka yang mungkin timbul, selain itu madu juga berfungsi sebagai obat flu paling ampuh.