April 11, 2020

Lawan virus corona dengan pola hidup yang sehat.

 

Tentunya kita semua sudah tau musibah yang sedang menimpa bumi kita, wabah yang sedang menyerang siapapun saja, kecuali dia yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Virus corona atau yang dikenal dengan sebutan COVID-19 kini memiliki pengaruh besar pada kehidupan kita. Dampak negatif yang kita rasakan harus berdiam dirumah selama virus itu menyebar, meninggalkan semua aktifitas baik yang keperluan penting yang bersangkutan pada ekonomi keluarga atau bahkan urusan kampus bagi pelajar mahasiswa, kini semuanya harus dilakukan dari rumah demi keamanan bersama. Selain itu dperlukan juga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar menjadi salah satu upaya terbaik dalam menghindari paparan virus tersebut. 

Ketahui berikut ini pola hidup yang sehat agar kita semua bisa cek virus corona online yang sedang mewabahi bumi tercinta, diantaranya;

  • Perbanyak makan sayur

Bagi yang kurang asupan makanan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan apappun itu jenisnya, sesuai dengan selera. Mengapa demikian? Perlu kita ketahui bahwasanya buah banyak mengandung vitamin, sedangkan sayur banyak mengandung serat dan meinieral yang dibutuhkan tubuh kita, sehingga keduanya tersebut sangat penting bagi tubuh. bahkan menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang lebih banyak makan buah maka dia yang tidak mudah sakit

  • Cukup istirahat

Pastikan tidu kita nyenyak apalagi dimalam hari. Karena kurang tidur ternyata dapat menurunkan imunitas tubuh, sehingga membuat tubuh semakin mudah terserang penyakit. Maka alngkah baiknya pastikan tubuh kita mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Sepertihalnya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam.  Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

  • Hindari stres dan kelola stres dengan baik.

Stres yang tidak terkendali ternyata bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Stres biasanya dialami jika kita sedang banyak pikiran atau masalah. Sepertihalnya yang terjadi pada dunia sekarang mengharuskan kita diam dirumah sehingga menjadikan faktor ekonomi sangat kurang, masalah tersebut jangan sampai membebani fikiran kita sehingga menjadikan mudah terserang virus corona atau COVID-19, diam dirumah agar terhindar dari penyakit tersebut justru berbalik dan semakin membuat keadaan memburuk, hal itu jangan sampai terjadi. Maka jika stres tersebut tidak terkendali peningkatan hormon kortisol dalam jangka panjang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

  • Rutin olahraga

Sangat jarang sekali dan ditemukan semua orang atau semua keluarga bisa rutin berolahraga setiap harinya, apalgi jika dipagi hari, sering kali kita memilih tidur nyenyak ketimbang bergerak. Penting untuk kita ketahui bersama olahraga ternyata sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak hanya sehat, dengan berolahraga orang juga dipercaya akan merasa lebih bahagia. Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

  • Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok ternyata dapat merusak sistem kekebalan tubuh, begitu juga dengan alkohol. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru-paru, seperti bronkhitis dan pneumonia, yang memang menjadi media diserangnya virus corona atau COVID-19. Alangkah baiknya berhenti merokok dari sekarang sebelum semuanya penuh penyesalan. Memang tidak mudah, meninggalkan kebiasaan yang membuat kita nyaman, tapi nyatanya kebiasaan tersebut buruk apalagi jika kebiasaan merokok yang hampi tiap jam dialakukan tanpa berhenti, hal ini justru membuat tubuh semakin rusak sehingga tidak akan bertahan lama.

Sumber: Airmagz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *