April 6, 2020

MASAKAN DAN MAKANAN KHAS DARI SUMATERA SELATAN

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selatan

Jika kita sedang membicarakan tentang masakan atau makanan khas dari provinsi sumatera selatan pasti langsung terlintas di benak kalian dengan salah satu makanan khas dari provinsi ini yaitu pempek. Yaaa memang benar kalau sumatera selatan sangat identik sekali akan pempek nya, ada berbagai macam variasi bentuk dari pempek mulai dari pempek kapal selam, pempek berbentuk bundar, hingga yang sering kita jumpai yaitu pempek yang berbentuk panjang. Pempek sendiri memang sudah sangat terkenal akan kegurihan nya di tambah lagi bila kita memakan nya dengan kuah cuka, yang akan menambah kelezatan pempek tersebut. Provinsi yang sering di sebut dengan tanah nya “wong kito galo” ini, bukan hanya menyajikan pempek saja, tetapi masih banyak sekali masakan atau makanan khas dari provinsi sumatera selatan, berikut saya akan memberikan contoh contoh makanan khas dari provinsi yang beribu kota palembang ini.

Yang pertama adalah mie celor, mie celor adalah salah satu makanan khas dari provinsi sumatera selatan yang berbahan pokok udang dan mie sebagai bahan dasarnya, selain udang dan mie, mie celor juga di sajikan dengan bahan lainya seperti telor, tauge, dan juga daun seledri, makanan ini sangat cocok dimakan jika sedang hujan atau cuaca dingin karna memang bisa membantu menghangat kan tubuh. Yang kedua pindang, pindang sendiri berbahan dasar ikan yang di garami dan di olah menjadi makanan yang begitu lezat, dan tentu nya dengan racikan melalui bumbu dan rempah rempah khas dari provinsi sumatera selatan, ada berbagi macam jenis pindang, meliputi dari pindang udang, pindang ikan, sampai dengan pindang tulang.

Selanjutnya adalah burgo, mungkin makanan yang satu ini masih asing di telinga kalian, tetapi makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan tentunya enak, burgo sendiri terbuat dari tepung beras yang di sajikan bersamaan dengan kuah kental dan gurih. Yang keempat adalah tempoyak, nah kalau makanan yang satu ini identik sekali dengan kota palembang atau provinsi sumatera selatan, tempoyak sendiri adalah sambel yang terbuat dari buah duren yang di olah langsung dengan campuran campuran bumbu lainya, dan yang pasti tempoyak ini sangat enak serta gurih dan sangat di gemari oleh masyarakat asli dari provinsi sumatera selatan.

Yang kelima gulo puan, gulo puan adalah sebuah makanan khas dari sumatera selatan yang terbuat dari gula dan susu, tetapi susu yang di gunakan adalah susu dari kerbau rawam dan di campur dengan sedikit gula pasir, makanan ini sangat cocok untuk teman roti sebagai selai karna memang rasanya yang manis dan gurih. Selanjutnya adalah model, makanan yang satu ini hampir sama dengan pempek kapal selam tetapi bedanya adalah model lebih bervariasi dengan adanya isi di dalam nya, dan biasanya isi tersebut adalah tahu yang di potong kecil kecil dan di tambah dengan sayuran di dalam nya, cita rasa model ini sangat enak jika menyatapnya dengan di temani denga cuka atau kuah kaldu dari udang.

Yang terakhir adalah tekwan, makanan yang satu ini memang sudah sangat sering kita temui di berbagai daerah di indonesia, tekwan sendiri berbahan dasar sagu dan ikan yang di bentuk kecil kecil dan di sajikan dengan kuah dan sayuran, dan tentu saja memiliki cita rasa gurih yang menggairahkan. Nah contoh di atas adalah makanan dan masakan khas dari provinsi sumatera selatan, sebenarnya masih banyak lagi kumpulan artikel seputar kuliner lainya dari provinsi sumsel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *