December 22, 2020

Cara Baik Dan Benar Membersihkan Pusar

Cara Bersihkan Pusar Agar Gak Lagi Bau Kurang Sedap

Coba ingat ingat, kapan terakhir pusar kamu dibersihkan? Kamu sangat disarankan untuk rutin membersihkan pusar. Pasalnya jika tidak dibersihkan maka bisa menimbulkan dampak, mulai dari bau tidak sedap hingga infeksi. Tetapi membersihkannya tidak boleh sembarangan. Lalu cara yang baik dan benar membersihkan pusar itu bagaimana?

Berikut dibawah ini beberapa cara membersihkan pusar yang baik dan benar, diantaranya yaitu :

  • Cara Baik Dan Benar Membersihkan Pusar Bagian Dalam

Adanya beberapa bahan yang harus kamu siapkan untuk membersihkan pusar bagian dalam seperti cotton bud, kapas, serta cairan pembersih seperti alkohol. Sebaiknya membersihkan pusar bagian dalam ini dilakukan sebelum mandi. Berikut cara melakukannya :

  • Membersihkan Lubang Pusar Dengan Cotton Bud

Basahi dulu cotton bud dengan alkohol, kemudian gosokkan secara perlahan ke permukaan didalam pusar. Jika telah kotor, langsung ganti dengan cotton bud yang baru.

  • Membilas Dengan Kapas Basah Atau Cotton Bud Basah

Setelah cotton bud yang dimasukkan kedalam pusar bersih dan tidak lagi ada kotorannya, kamu bisa langsung membilasnya dengan kapas yang telah dibasahi dengan air. Hal ini bertujuan untuk memastikan sudah tidak ada lagi alkohol yang tertinggal didalam pusar. Pasalnya alkohol bisa menyebabkan kulit kering.

  • Jangan Lupa Untuk Keringkan

Setelah bagian dalamnya dibersihkan, kamu bisa langsung dibersihkan. Setelah mandi jangan lupa untuk mengeringkan pusar dengan lembut. Kamu bisa memakai kapas, waslap, atau sudut handuk. Jika biasanya kamu menggunakan body lotion setelah mandi, maka jangan mengoleskannya di area pusar. Karena jika area pusar dibiarkan lembab maka akan menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak lalu membuatnya kotor lagi. 

  • Cara Baik Dan Benar Membersihkan Pusar Bagian Luar

Yang harus dibersihkan tidak hanya pusar bagian dalam saja, tetapi bagian luarnya juga. Karena lebih mudah dijangkau, sehingga tentunya jauh lebih mudah proses pembersihannya. Kamu bisa melakukannya sebelum atau setelah mandi. Berikut cara membersihkannya :

  1. Membersihkan pusar bagian luar dengan kain lap lalu gosok dengan lembut.
  2. Saat mandi jangan lupa membersihkannya dengan menggunakan sabun.
  3. Selesai mandi, keringkan pusar secara menyeluruh.
  4. Terakhir kamu bisa mengoleskan lotion sedikit saja ke pusar bagian luar.
  5. Cara Baik Dan Benar Membersihkan Pusar Yang Ditindik

Mereka yang memiliki tindikan di area pusar juga harus benar benar memperhatikan faktor kebersihannya untuk menghindari infeksi, apalagi jika kamu baru pertama kali melakukannya. Kamu harus mengikuti petunjuk yang diberikan penindik tentang cara pembersihan yang baik dan benar supaya terhindar dari infeksi.

Jika bekas luka tindik pusar kamu telah sembuh total, maka kamu bisa membersihkannya dengan cara ini :

Basuh bagian pusar yang ditusuk tindik secara lembut dengan menggunakan bola kapas yang telah direndam dalam larutan ΒΌ sendok teh garam laut dalam 8 ons air matang yang telah didinginkan. Tetapi jika kamu kesulitan mendapatkan bahan campuran larutan tadi, kamu bisa menggantinya dengan larutan isotonik.

Jika pusar kamu dibiarkan begitu saja tanpa dijaga kebersihannya dengan baik, bisa munculnya sejumlah masalah seperti munculnya bau tidak sedap pada pusar yang umumnya disebabkan karena faktor kebersihan. Pasalnya lubang pusar ini seringkali menjadi lokasi terperangkapnya keringat, kulit mati, serta kotoran. Kulit merupakan rumah bagi triliunan bakteri. Lipatan kulit yang dimiliki pusar menjadi tempat nyaman untuk bakteri berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *