February 11, 2021

Perempuan Tidak Boleh Nyetir? Ini Tips Aman Mengemudi Untuk Perempuan

Boleh nggak perempuan nyetir? Tentu saja boleh. Di Dalam persyaratan pembuatan SIM atau ijin mengemudi sendiri tidak dijelaskan gender laki – laki saja yang diperbolehkan untuk membuat SIM. Berarti perempuan juga diperbolehkan untuk mengajukan diri untuk menggunakan mobil. Namun, banyak sekali kalangan yang menentang perempuan khususnya ibu – ibu dalam mengendarai mobil. Kira – kira apa penyebabnya ya?

Penyebab stigma tersebut adalah banyaknya kekhawatiran dan judgemental yang diberikan untuk kaum perempuan. Dimana kaum perempuan dinilai sudah terlalu sibuk mengurus rumah, anak hingga dapur sehingga ketika menggunakan mobil, mereka cenderung mudah kelelahan yang menyebabkan kesulitan merespon suasana lalu lintas. Bahkan cenderung untuk menyetir ugal – ugalan juga ada. Benarkah demikian?

Perempuan bisa mengendarai mobil. Sebelum memiliki lisensi mengemudi perempuan juga mendapatkan tes yang sama untuk mendapatkannya. Jadi, perempuan bisa menggunakannya untuk menggunakan car sharing untuk berkendara. Bahkan perempuan dimungkinkan untuk melakukan pekerjaan mengemudi menggunakan layanan car sharing atau tidak. Namun, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk kaum hawa dalam melakukan kegiatan car sharing maupun mengemudi. Berikut merupakan beberapa tips mengemudi khusus perempuan :

1.    Mengetahui teknik dasar menyetir

Poin pertama dalam menyetir adalah tau teknik dasarnya. Kamu perlu tahu cara memegang setir, posisi duduk yang benar hingga cara berbelok. Nah, kegiatan ini kadang terselip saat mahir kendaraan. Padahal poin ini penting untuk memastikan kamu aman dijalan dan tidak mudah lelah. Sehingga bisa optimal mengemudi. Pastikan kamu paham ya!

2.    Sudah bisa parkir dengan baik

Poin selanjutnya dalam kegiatan mengemudi adalah bisa memarkir. Tidak dipungkiri dalam kegiatan mengemudi dibutuhkan skill ini. Bila kamu sudah jago, kamu bisa berkendara kemanapun dengan aman dan nyaman.

3.    Tetap fokus ketika menyetir

Salah satu kelemahan perempuan menyetir adalah gangguan. Biasanya saat menyetir bersama anak, perempuan cenderung fokus ke anak dan tidak menghiraukan jalanan di depannya yang sebenarnya cukup berbahaya. Ada baiknya ketika berkendara bersama anak, kamu mengajak serta orang lain untuk menjaga anak.

4.    Mengetahui peraturan lalu lintas

Ketika diperbolehkan mengemudi, kamu perlu paham benar rambu lalu lintas dan maksudnya. Hal ini dibutuhkan untuk mendukung kelancaran berkendara dan tidak meresahkan pengendara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *