March 26, 2021

Penyebab Mengigil Menurut SehatQ.com

Menggingil tanpa demam bisa diakibatkan oleh berbagai faktor

Penyebab menggigil selain karena kedinginan, kadang juga bisa menjadi indikasi terjadinya demam pada tubuh Anda. Karena, ada salah satu gejala penyakit demam yang ditandai dengan menggigil disebabkan panas dingin.

Dalam aplikasi kesehatan SehatQ.com, ada beberapa penyebab menggigil yang pada akhirnya menyebabkan penyakit demam. Bahkan, pada aplikasi ini juga terdapat daftar beberapa jenis penyakit demam yang ditimbulkan.  Berikut ini, beberapa penyebab menggigil yang berhasil dirangkum oleh aplikasi SehatQ.com yaitu:

  1. Demam

Hal pertama yang terpikirkan semua orang saat melihat seseorang menggigil adalah disebabkan oleh demam, dimana menggigil dikatakan sebagai salah satu gejala demam. Mengalami demam memang bervariasi, dan tidak semua jenis demam harus mengalami menggigil.

Namun, biasanya jika Anda merasa menggigil atau kedinginan tiba-tiba tanpa sebab dipastikan Anda sedang terserang demam. Bahkan, banyak hal yang menyebabkan demam seperti radang atau terjadinya infeksi.

  1. Reaksi Kegiatan Ekstrim

Berikutnya yang bisa didiagnosa sebagai penyebab menggigil adalah reaksi kegiatan yang ekstrim, dimana seseorang melakukan suatu kegiatan fisik secara langsung yang tergolong ekstrim atau tidak biasa.

Salah satu kegiatan ekstrim yang biasa dilakukan adalah olahraga berlebihan dari biasanya, karena setelah itu Anda akan merasakan perubahan suhu tubuh yang terjadi pada tubuh Anda hingga menyebabkan menggigil.

  1. Efek Samping Konsumsi Obat

Ternyata banyak yang tidak mengetahui, bahwa mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan bisa menyebabkan menggigil. Karena, ada sebagian obat yang kandungannya bisa memberikan efek menggigil. Penyebabnya adalah reaksi tubuh menerima obat-obatan tersebut yang kemungkinan tidak terlalu cocok.

  1. Hipotiroidisme

Kurangnya hormon tiroid yang dihasilkan kelenjar tiroid pada tubuh, membuat metabolisme tubuh berjalan kurang sempurna. Dengan begitu, masalah ini menyebabkan rasa sensitivitas pada tubuh terhadap suhu udara meningkat dan hal itulah yang menyebabkan terjadinya menggigil.  

  1. Efek Anestesi Setelah Operasi

Seperti yang diketahui, pada saat melakukan operasi besar ataupun kecil kadang memang membutuhkan pembiusan. Dimana melakukan pembiusan atau anestesi untuk mengurangi resiko besar pada saat operasi, tapi penggunaan anestesi ini ternyata memiliki efek samping.

Yaitu, setelah melalui masa operasi Anda akan merasakan menggigil yang luar biasa hebat. Hal ini wajar terjadi, karena ini memang efek samping dari anestesi pasca operasi tersebut yang disebut sebagai penyesuaian suhu tubuh pada suhu normal setelah suhu tubuh mengalami penurunan pada saat operasi.

  1. Kurang Asupan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi yang cukup dan sempurna juga bisa menyebabkan menggigil, karena dengan nutrisi yang kurang baik maka fungsi tubuh menjadi menurun dan kurang sempurna. Ditandai dengan gejala yaitu menggigil.

Penyebab menggigil bisa saja berasal dari kurangnya asupan makanan bergizi atau malnutrisi dalam tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh minimnya asupan makanan yang bergizi, gangguan makan seperti anoreksia, sampai pada masalah penyerapan nutrisi.

Tanpa keseimbangan nutrisi yang cukup, tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal. Selain bergetar kedinginan tanpa demam, gejala malnutrisi lainnya seperti:

  • Lelah dan sering mengantuk
  • Badan terasa lemah
  • Susah berkonsentrasi
  • Kulit berwarna pucat
  • Ruam
  • Detak jantung lebih cepat
  • Rasa ingin pingsan
  • Sendi mati rasa dan kesemutan
  1. Gejala Sepsis

Menurut istilah kesehatan, sepsis dikatakan sebagai sebuah peradangan atau infeksi pada salah satu bagian tubuh. Sehingga, salah satu gejala yang ditimbulkan adalah menggigil disertai dengan sesak napas. Mungkin terdengar simpel, tapi akan menjadi serius jika tidak ditangani segera. Hal ini pun bisa mengarah pada demam.

  1. Tremor

Penyakit tremor ini merupakan penyakit gangguan pada fungsi gerak di anggota tubuh. Salah satu tandanya juga termasuk menggigil atau badan bergetar, yang biasa terjadi pada bagian tangan ataupun kaki.

Itulah yang menjadi penyebab-penyebab menggigil secara tiba-tiba, jika Anda ingin menganalisa sebelumnya. Karena menggigil merupakan salah satu gejala dari timbulnya demam, maka beberapa daftar penyakit berikut ini termasuk yang juga mengalami hal tersebut. Diantaranya seperti demam berdarah salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *