April 5, 2021

Resep Berbagai Nasi Liwet Yang Mudah Dan Enak

Nasi Liwet Rice Cooker

Nasi liwet adalah sajian yang harus selalu ada dalam setiap kumpul keluarga atau kumpul teman. Nasi liwet ini sudah menjadi tradisi sebagai sajian yang akan mengeratkaan satu sama lain. Biasanya nasi liwet akan disajikan dengan lauk-lauk khas Indonesia lainnya. Nasi lwiet biasanya akan disajikan dengan ikan asing, sambal terasi, lalapan dan juga tahu goreng. Ada juga yang memakan nasi liwet dengan ayam bakar atau juga ayam goreng. Sebenarnya yang paling penting itu bukan pendampingnya, namun rasa dari nasi liwet itu sendiri. Nasi liwet ini memang memiliki rasa yang gurih dan enak sekali jadi resep nasi liwet yang digunakan juga tidak sedikit.

  1. Resep Nasi Liwet Bakar

Bahan-Bahan: minyak goreng kurang lebih 3 sendok makan, daun pisang lumayan banyak, penyedap rasa apa saja 1 sendok teh, garam kurang lebih 1 ½ sendok teh, cabe rawit merah sesuai selera diiris, daun salam 3 lembar, serai 4 batang, bawang putih 7 siung, bawang merah 9 soiung, cumi asin 100 gram, pete 100 gram, teri medan 100 gram, beras kurang lebih 500 gram, air putih 1 liter.

Cara Membuat: Pertama-tama anda harus mencuci bersih berasnya. Setelah itu anda cuci bahan-bahan lainnya seperti teri meran, dan cumi asinnya. Setelah dicuci bersih, tumis di minyak tadi dan kemudiang angkat. Anda tiriskan teri dan cuminya. Kemudian anda iris bawang merah, bawang putih dan tumis bersama serai dan daun salamnya. Masukkan semuanya ke dalam beras tadi. setelah itu tambahkan 1 liter air putih tadi. berikan penyedap rasa dan garam secukupnya. Masak nasi di magiccom dan kemudian sambil menunggu nasi. Panaskan daun pisang di atas kompor. Setelah itu masukkan nasinya satu persatu di daun pisangnya. Tambahkan irisan cabe merah, dan daun kemangi. Panggang nasinya di teflon untuk memanggang.

  • Nasi Liwet Khas Solo

Pernahkah anda mencoba nasi liwet khas Solo ini? Jika belum pernah, anda wajib mencobanya. Bahan-bahan: Daun salam 10 lembar, santan kelapa kurang lebi 2,3 liter, beras sebanyak 2 kg, daun pandan 10 lembar dan juga garam. Siapkan juga penyedap rasanya.

Cara membuat nasi liwet khas solo ini mudah sekali. Pertama anda perlu merebus pandan, daun salam dan santannya. Berikan garam jangan lupa secukupnya. Setelah itu masukkan beras dan masak dengan api yang sedang saja. Jika anda merasa masih kurang air, tambahkan sedikit lagi. Setelah nasinya sudah abis airnya. Kukus nasi di dandang untuk mengkukus hingga betul-betul matang. Angkat dan sajikan dengan lauk keringan seperti tempe goreng, ikan goreng dan sambal.

  • Nasi Liwet Magicom

Siapa yang tidak punya magiccom di kecanggihan sekarang ini. Magiccon ini akan membuat memasak nasi lebih mudah. Nah memasak nasi liwet juga bisa dengan magiccom. Bahan-bahan yang diperlukan adalah beras, bawang merah dan putih, serai, daun salam, ikan teri, dan juga air.

Cara membuat nasi liwet magiccom ini seperti anda memasak nasi biasanya. Anda cuci beras lalu tambahkan airnya. Kemudian anda cuci bersih teri dan masukkan ke dalamnya. Geprek serainya dan masukkan ke dalamnya. Ulek bawang merah dan putih dengan garam. Masukkan lagi ke dalam berasnya setelah itu berikan royco dan aduk. Tambahkan daun salamnya dan masak nasi hingga matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *