April 29, 2021

Tips Membuat Anak Cerdas

7 Hal yang Bisa Mama Lakukan agar Bayi Cerdas Sejak Dini | Popmama.com

Siapa yang tidak ingin punya anak yang cerdas. Anak yang cerdas pastinya menjadi kebanggaan setiap orang tua. Anak yang cerdas bukan berarti yang yang berprestasi dalam nilai pelajaran di sekolah. Anak yang cerdas adalah anak yang memang berprestasi dalam bidang yang mereka tekuni. Nah jadi mulai sekarang konsep kecerdasan anak harus anda ubah dulul. Jadi jangan memaksakan anak jika memang anak anda tidak suka dalam bidang yang anda inginkan. Anak yang berprestasi dalam bidang olahraga juga anak yang cerdas karena mereka bisa melakukan yang temannya belum tentu bisa. Nah anda bisa merubah hal itu dahulu. Untuk anda yang ingin memiliki anak cerdas. Anda bisa melakukan hal-hal Berita terkini hari ini.

  • Membuat Anak Disiplin Diri

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat anak menjadi anak yang cerdas adalah membuat anak anda menjadi anak yang disiplin. Mendisplinkan anak bukan berarti anda tidak saying. Justru anda sangan menyanyangi anak dan tidak ingin mereka terlalu tergantung dengan orang lain. Jadi anda bisa mulai dengan membereskan mainan setelah bermain. Kemudian anda bisa mulai dengan menaruh piring sendiri di cucian dan bahkan menyuruhnya mencuci. Anda juga bisa mendisplinkan anak untuk bangun pagi dan olahraga kecil. Hal-hal tersebut bisa membuat anak disiplin dan dewasa menjadi anak yang cerdas.

  • Buat Lingkungan Yang Kondusif

Hal kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda cerdas adalah menjadikan lingkungan di rumah kondusif. Lingkungan yang kondusif bukan berarti lingkungan harus lingkungan yang bagus dan rumah yang mewah. Lingkungan yang kondusif adalah lingkungan yang bersih dan juga lingkungan atau orang sekitar kondusif. Orang sekitar yaitu anda dan pasangan anda harus harmonis selalu agar menciptakan lingkungan yang kondusif. Dengan menciptakan lingkungan kondusif anak anda akan merasa bahagia dan selalu merasa nyaman. Dengan begitu kecerdasan anak anda juga tidak akan terganggu.

  • Membacakan Anak Buku

Menjadikan anak anda menjadi cerdas juga bisa dilakukan dengan rajin membacakan buku untuk anak. Dengan rajin membacakan buku ke anak anda, anak anda akan menambah ilmu dari buku yang dibacakan. Selain itu juga kosakata anak juga akan bertambah karena buku yang dibacakan tentunya berbeda-beda. Anak-anak juga akan berimajinasi dengan apa yang anda bacakan. Anda bisa membacakan buku anak ketika akan tidur malam. Anda bisa membacakan buku dengan senang juga. jadi jangan bacakan buku dengan intonasi yang datar. Anda bisa membacakan buku dengan intonasi yang menyenangkan dan selain itu dengan nada yang sesuai dengan karakter di buku. Anda bisa memilikh buku apa saja. Anda bisa pilih buku dongen atau buku cerita edukasi.

  • Mencukupi Kebutuhan Tidur Anak

Membuat anak menjadi cerdas, salah satunya bisa dilakuakn dengan mencukupi kebutuhan tidur anak. Kebutuhan tidur anak akan tercukupi dengan baik dan anak akan istirahat otaknya. Setelah bangun anak anda akan fresh kembal. Anak yang tidurnya cukup juga membuat perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi terpenuhi. Jadi anda biasakan anak tidur malam jangan larut. Minimal anak tidur 11 sampai 12 jam ketika malam hari. Kemudian jangan lupa anak tidur siang. Tidur siang juga sangat bagus. Minimal anak tidur siang selama 1 jam. 1 jam sudah sangat memenuhi kebutuhan tidur siang anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *