May 22, 2021

5 Tips Belanja Hemat Untuk Kebutuhan Lebaran

Mau belanja hemat untuk kebutuhan lebaran? Caranya mudah aja kok. Semua bisa dilakukan sendiri bahkan direncanakan jauh hari. Mumpung uang THR belum habis, ada baiknya kamu rencanakan dari sekarang daftar belanjaan apa saja yang harus dibeli dengan menggunakan uang THR lebaran.

Jangan selalu mengandalkan pinjol cepat cair dan mudah jika tidak kepepet. Atur dulu strategi belanjanya, kemudian praktikan setelah THR lebaran cair. Nah, sambil menunggu kamu bisa belajar tips hemat belanja kebutuhan lebaran berikut ini. Baca sampai selesai ya. 

Bikin daftar belanjaan 

Supaya tidak kalap serta belanjaan terkontrol, wajib banget bikin daftar belanjaan yang akan dibeli. Sama seperti ketika belanja sayuran di pasar, supaya tidak ada yang terlewat, catat semua barang yang akan dibeli dalam satu kertas tersendiri yang mudah diambil dan dibaca setiap saat meskipun saat sedang berbelanja.

Usahakan untuk belanja hanya barang-barang yang memang hanya ada di dalam daftar saja. Utamanya jika sudah dianggarkan sesuai dengan bujetnya masing-masing. 

Pisahkan uang belanja dalam amplop berbeda

Jika sudah jelas apa saja yang harus dibeli pada saat jelang lebaran. Jangan ragu untuk memisahkan uang belanja tersebut dalam amplop terpisah yang berbeda-beda. Dengan begitu tidak ada istilah over bujet karena semua dana sudah disiapkan terpisah. Jika ada dana lebih yang tidak terpakai, bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. 

Gunakan uang THR lebaran 

Berapa besar idealnya uang THR lebaran digunakan? Sebaiknya jangan gunakan THR lebaran dalam satu waktu. Sisakan uang lebaran paling tidak sepertiganya untuk keperluan lainnya. Kamu bisa menggunakan uang THR lebaran untuk berbagai keperluan saat hari raya. Mulai dari belanja makanan, sampai dengan pakaian. Gunakan dengan bijak agar THR lebaran bisa benar-benar bermanfaat. Jangan lupa juga dengan kewajiban seperti zakat, sedekah, serta kewajiban lainnya yang harus segera diselesaikan pembayarannya. 

Survei harga secara online dulu 

Supaya tidak kecele dengan harganya, baiknya survei harganya dulu secara online. Sekarang sudah cukup banyak barang-barang yang dijajakan secara online sehingga kita bisa mengetahui harganya lebih dulu.

Misalnya, kamu bisa intip instagram para jasa titip. Dengan menandai barang-barang yang akan dibeli apalagi sudah tahu harganya, paling tidak kita tidak salah beli atau tidak salah barang sehingga harus bolak balik lagi untuk retur atau penukaran. 

Manfaatkan diskon hanya untuk barang yang dibutuhkan

Jangan tergoda dengan diskon jika barangnya tidak sesuai dengan daftar barang belanjaan. Hindari membeli barang berlebihan karena sedang promo atau diskon padahal tidak dibutuhkan. Akan menjadi sia-sia jika barang promo sudah dibeli tetapi tidak tahu kapan harus memakainya. 

Lebih baik membeli barang tanpa harga promo tetapi langsung dapat digunakan sehingga manfaat dari barang yang dibeli bisa langsung dirasakan. 

Toh saat ini sudah ada pinjol cepat cair dan mudah yang bisa membantu kamu membeli apa saja di kemudian hari meski belum ada dana THR lebaran. Yang penting balik lagi pada manfaat barang tersebut.

Jika suatu saat perlu dan membutuhkannya. Kamu bisa memanfaatkan layanan belanja online dan offline dari Kredivo. Plafon kredit uang diberikan sampai dengan Rp30 juta untuk member premium. Member premium diberikan keleluasaan lebih karena pada saat proses pendaftaran memenuhi standar yang lebih ketat seperti mensubmit data mutasi rekening, bukti tagihan listrik untuk verifikasi data, dan lain sebagainya.

Bunga Kredivo juga rendah, bisa dihitung secara mudah karena bunganya flat 2,6% per bulan. Tidak ada biaya admin untuk belanja online maupun offline dengan tenor mulai dari 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Kelebihannya, di saat Ramadan dan Lebaran seperti ini, jumlah minimum kredit bisa dari Rp500 ribu. Barang-barang yang kamu beli bisa beraneka ragam yang penting totalnya mencapai nilai minimum agar pembayarannya bisa menggunakan skema cicilan.

Yang menarik, Kredivo bisa digunakan juga tidak hanya secara online di beberapa marketplace dan toko online tetapi juga bisa digunakan secara offline. Transaksi di IKEA, Erafone, Electronic City bahkan Drive Thru di Mc Donald pun bukan hal yang mustahil dilakukan.

Unduh sekarang aplikasi resminya lewat Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah. Tidak usah risau juga karena Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *