May 5, 2021

Fakta Keindahan Wisata Kawah Putih yang Perlu Diketahui

Info Wisata Kawah Putih Bandung: Lokasi, Rute, Harga, dan Tipsnya

Wisata Kawah Putih menjadi salah satu detinasi wisata terkenal di daerah bandung, yang berada di kawasan dataran tinggi Ciwidey. Karena pesona alamnya yang indah, tempat wisata ini sering dijadikan tempat foto maupun syuting film. Berikut fakta menarik yang perlu diketahui tentang wisata kawah ini.

  1. Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha

Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan abad ke-12, ratusan tahun lalu. Gunung Patuha memiliki ketinggian 2.434 mdpl dan dianggap angker. Sejak saat itu kawasan gunung ini tidak pernah dikunjungi siapapun.

Kawah Putih berhasil ditemukan saat Dr. Franz Wilhem Junghuhn yang telah mencapai puncak Gunung Patuha pada tahun 1837. Sejak saat itu, Kawah Putih mulai dikenal oleh wisatawan. dan pada tahun 1987, Pemerintah Kabupaten Bandung selatan menetapkan Kawah Putih sebagai destinasi wisata.

  1. Warna Air Wisata Kawah Putih yang Alami

Warna tanah dan air dari Kawah Putih terbuat dari campuran unsur belerang sehingga nampak alami. Kawah ini memiliki kadar keasaman belerang yang tinggi, sehingga wana air berubah-ubah sesuai dengan kadar belerang dalam air kawah.

  1. Air Kawah yang Bisa Berubah Warna

Pada waktu tertentu, air dari Kawah Putih bisa berubah. perubahan warna kawah ini disebabkan oleh perubahan kadar belerang dalam air kawah. Oleh karena itu, warna yang tercipta dari proses perubahan ini sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam air. Perubahan warna ini juga bisa terjadi karena cuaca dan suhu.

Sering kali warna air di Kawah Putih berubah menjadi putih kehijauan, hijau apel, kebiru-biruan, cokelat susu, hingga putih berkabut. Perubahan warna ini juga dipengaruhi oleh warna tebing batu yang berada di depannya karena refraksi cahaya.

  1. Menjadi Lokasi Syuting film Heart 2006

Lokasi kawah ini dikelilingi oleh perbukitan hijau nan indah yang selalu diselimuti kabut. Keindahan alam ini membuatnya sering kali dijadikan sebagai tempat alternatif untuk syuting film. Salah satu film yang menggunakan tempat wisata ini sebagai latarnya adalah film Heart, yang diperankan Irwansyah dan Acha Septiasa.

  1. Sunan Ibu’s Sunrise Viewing Point

Selain dijadikan sebagai lokasi syuting film, tempat wisata Kawah Putih juga dijadikan sebagai tempat foto dan melukis. Kawah Putih memiliki berbagai spot foto menarik, salah satunya adalah Sunan Ibu’s Sunrise Viewing Point.

Spot foto ini berada di atas tebing yang bisa memungkinkan anda untuk melihat kawasan Kawah Putih dengan lebih sempurna. Di sini para pengunjung bisa berfoto sambil menikmati sunrise atau pemandangan matahari terbit. 

Namun sayangnya, akses jalan yang harus dilalui untuk mencapai tebing ini sangat sulit. Akan tetapi perjuangan anda akan terbayar dengan melihat pemandangan yang mempesona.

  1. Wahana Dermaga Ponton

Wahana Dermaga Ponton terbuat dari kayu sepanjang 50 meter dengan lebar 2 meter dan sering dijadikan sebagai spot foto. Wahana ini bisa menjadi tempat foto prewedding yang memukau. Dari Wahana Dermaga Ponton, Anda bisa menikmati pemandangan Kawah Putih secara lebih dekat.

  1. Skywalk Cantigi

Skywalk Cantigi menjadi salah satu spot foto khas Kawah Putih. Spot foto ini menampilkan keindahan tebing yang sangat menarik. Jembatan ini dibangun menjadi dua dengan panjang berbeda.

Itulah beberapa fakta keindahan dari tempat wisata Kawah Putih yang perlu diketahui. Semoga Anda yang ingin mengunjungi Kawah Putih bisa terbantu dengan adanya informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *