May 2, 2021

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC

Jual Daftar Harga Pipa PVC WAVIN dan Rucika | Bina Karya Mandiri

Seperti namanya, pipa PVC adalah pipa yang berbahan dasar polyvinyl chloride. Saat ini, pipa PVC juga banyak digunakan sebagai saluran air dan menggantikan pipa besi. Meskipun kalah dari pipa besi dari segi kekuatan, namun  pipa PVC memiliki keunggulan lainnya. Pipa PVC memiliki keunggulan lain, diantaranya lebih ekonomis, ringan, tidak berkarat, lentur, tahan asam alkali, non-konduktor, dan pemasangannya pun mudah. Namun berikut ini ada beberapa informasi mengenai pipa PVC yang perlu untuk kamu ketahui saat memilih pipa untuk kebutuhan rumah.

Terdapat tiga tipe pipa PVC di pasaran berdasarkan standarisasi Japan Industrial Standard (JIS), diantaranya adalah:

  1. Pipa tipe AW, yang merupakan pipa yang paling tebal. Pipa ini memiliki ketahanan yang sangat baik, yakni bisa menahan tekanan sampai 10 kg/cm2. Pipa tipe AW sangat cocok untuk digunakan sebagai saluran air minum, terutama pada bagian penghisapan sampai saluran air ke keran.
  2. Pipa tipe D, adalah pipa yang memiliki tingkat ketebalan yang sedang. Jenis pipa ini bisa menahan tekanan sampai 5 kg/cm2. Pipa tipe D cocok digunakan sebagai saluran pembuangan dan limbah.
  3. Pipa tipe C, adalah pipa yang paling tipis. Pipa jenis ini sering digunakan sebatas untuk pelindung, contohnya pelindung kabel listrik dan karena tipis maka kurang baik jika digunakan untuk saluran air.

Adapun pipa PVC memiliki beberapa ukuran. Biasanya pipa PVC yang beredar di pasaran mempunyai panjang 4 meter dengan diameter mulai dari 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, sampai 6 inci. Bentuk pipa PVC juga beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, diantaranya ada pipa polos, MOF, fitting, dan talang. Pipa polos mempunyai diameter yang sama. Menyambung dua pipa polos membutuhkan increaser atau pipa penyambung. Pipa MOF adalah pipa dengan ujung yang berdiameter lebih besar. Karena bagian ujungnya memiliki diameter yang lebih besar, maka proses menyambungkan dua pipa ini tidak membutuhkan increaser. Pipa fitting adalah pipa yang digunakan untuk menyambung dua sampai empat pipa. Bentuk dari pipa fitting bermacam-macam, mulai dari increaser, bentuk T, L, dan lain-lain. Sementara itu pipa talang adalah pipa yang memiliki bentuk penampang seperti huruf U. Pipa talang biasa dipasang di ujung jurai atap rumah di bagian lisplang dan berfungsi untuk mengalirkan air hujan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih ukuran pipa PVC.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Banyaklah membaca dan mencari tahu tentang pipa PVC, salah satunya adalah informasi yang diulas seperti di atas yang bisa membantu kamu untuk membuat keputusan. Setelah mengetahui ulasan singkat mengenai pipa PVC, kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan di rumah.

  • Tes kekuatan pipa

Ketika mendatangi toko bangunan, penjual nantinya akan menawari beberapa merek pipa PVC dengan kualitas yang berbeda-beda. Disini kamu bisa memilih pipa sesuai dengan kualitas yang ingin kamu capai. Kamu juga bisa menanyakan ke penjual terkait rekomendasi terbaik yang bisa kamu ambil dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Pilih ukuran yang pas

Carilah informasi mengenai ukuran yang pas yang sesuai dengan kebutuhanmu supaya kamu tidak salah membeli pipa. Jika salah, justru akan  membuatmu terpaksa mengeluarkan uang lebih.

  • Beda saluran, beda pula pipanya

Selain ukuran, kamu juga harus menyesuaikan jenis pipa dengan saluran yang akan dipasang. Contohnya jika kebutuhanmu adalah untuk keperluan kamar mandi dengan sistem water heater, maka yang kamu butuhkan adalah pipa tahan panas minimal sampai 85 derajat celcius.

  • Gunakan fitting dan perekat yang tepat

Perekat berfungsi untuk menyambungkan pipa. Kamu sebaiknya memilih produk yang biasanya cocok digunakan dengan model dan merek pipa yang akan kamu beli supaya kamu tidak perlu repot mencari lem dan fitting terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *